Blog ini mengulas berbagai tips dan trik komputer, seputar teknologi, serta bahasa pemrograman web maupun desktop.

Bahasa Pemrograman C++

Bahasa Pemrograman C++


Pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi cerita mengenai bahasa C++. Yang jelas bahasa C++ bukanlah bahasa musuh ultraman ataupun alien musuh batman. Saya mempelajari bahasa C++ setahun belakangan ini. Belum ahli dan sekedar mengerti dasarnya saja. Namun, gara-gara bahasa C++ ini saya jadi jatuh cinta dengan yang namanya dunia syntax. Jadi saya akan coba berbagi semampunya mengenai bahasa C++, teori dan implementasinya di blog ini. Untuk hari ini saya akan berbagi mengenai penjelasan dari bahasa C++.

Apa bahasa C++ itu? Bahasa C++ adalah salah satu bahasa komputer yang bergentayangan dalam dunia programming. Bahasa C++ adalah pengembangan dari bahasa C, dimana C++ awalnya bernama bahasa C with class sebelum akhirnya berubah nama pada tahu 1983. Mengapa disebut bahasa C with class demikian? Karena C++ muncul sebagai bahasa C yang dilengkapi dengan fitur kelas. Dalam implementasinya untuk memecahkan masalah C++ akan membagi suatu obyek menjadi beberapa kelas dan menjelaskan setiap kelas yang sebelumnya merupakan anak kelas dari kelas tersebut. Di setiap kelas ini akan digambarkan mengenai keadaan obyeknya, anggota dan kemampuan setiap obyek di dalamnya. Nah, setelah setiap kelas dibuat, masalah akan diselesaikan satu per satu lewat kelas.
Pengembang bahasa C++ adalah Bjarne Stroustrup dari AT&T Bell Laboratories di tahun 1980-an dengan versi C ANSI. Lalu pada tahun 1983 hingga 1984 bahasa C++ dikembangkan lagi dengan menambahkan beberapa fitur yaitu virtual functions, function overloading (pembebanlebihan fungsi), referensi dengan simbol &, konstan keyword, dan satu baris komentar dengan 2 tanda forward slashes. Simbol ++ (operator jumlah) dalam penamaannya juga menjadi pertanda bahwa bahasa C++ lebih baik dari bahasa C. Berikut ini adalah contoh sebuah bahasa C++ yang sederhana :
view plainprint?
  1. #include <iostream>  
  2. using namespace std;  
  3. int main()  
  4. {  
  5.     cout << "Ini contoh syntax program C++ sederhana " << endl;  
  6.     return 0;  
















Contoh file .exe dari hasil debug program bahasa C++
Itulah beberapa hal yang saya tahu dari bahasa C++. Untuk informasi yang lebih lanjut bisa lihat di artikel History of C++ ini. Selain itu, di dalam situs tersebut juga terdapat beberapa tutorial yang berhubungan dengan bahasa C++ mulai dari yang dasar hingga yang berat. Berikutnya saya akan menulis mengenai struktur pemrograman C++. Mohon maaf kalau ada kesalahan dan semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih, Happy Coding !!!
Fasesa

Author :

Terimakasih atas kunjungannya brother yang baru saja membaca artikel berjudul Bahasa Pemrograman C++.
Share Artikel

Artikel Terkait

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang baik !!