Blog ini mengulas berbagai tips dan trik komputer, seputar teknologi, serta bahasa pemrograman web maupun desktop.

Cara Install Emulator + SDK Android di OS Windows7 Secara Offline

Cara Install Emulator + SDK Android di OS Windows7 Secara Offline


Kira-kira android itulah yang lagi booming di kampus ane. Mulai dari yang rame ikut-ikutan beli hape android sampai yang coba-coba untuk mencicipi programming di platform android. Kalau yang terakhir ini (programming di android)  memang peminatnya tidak terlalu banyak dibandingkan dengan yang minat dengan hapenya.
Pada postingan kali ini ane akan menjelaskan Cara Install Emulator + SDK Android Secara Offline. Offline. Disini artinya SDK bisa di-download terlebih dahulu dengan IDM, tanpa menggunakan SDK Manager Android sebagaimana umumnya.
1. Ini ane praktekkan di komputer dengan OS Windows 7 gan, karena ketika ane coba di Ubuntu banyak sekali error-nya.
2. Aplikasi android itu dikembangkan dengan bahasa pemrograman java, jadinya agan-agan harus menginstall JDK terlebih dahulu. Sekedar saran, gunakan JDK versi 1.6, jangan menggunakan JDK versi 1.7. Setelah selesai diinstal, klik kanan my computer > properties > Advanced system settings > Environment Variables. Pilih new (user variables), pada variable name berikan nama PATH dan pada variable value berikan direktori JDK yang telah di-install (C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_25\bin). Klik OK.

3. Download, ekstrak dan install SDK Manager, bisa di download di http://dl.google.com/android/android-sdk_r16-windows.zip. Tampilan SDK Manager yang ane gunakan disini berbeda dengan versi yang terbaru, mengingat ane mendownload SDK Manager versi yang terdahulu.
4. Itu baru SDK Manager-nya, sekarang saatnya agan-agan untuk men-download file-file SDK-nya. Akan terlihat banyak list SDK android dengan versi yang berbeda-beda (cari yang untuk windows). Download SDK versi 2.2 (android-2.2_r02-windows.zip).
5. Setelah selesai di-download, ekstrak file android-2.2_r02-windows.zip di direktori instalasi SDK Manager (C:/Program Files/android/platforms). Jika SDK Manager dijalankan kembali, maka pada tab installed pacakgeakan muncul SDK yang sudah kita ekstrak tadi.
 
6. SDK dan SDK Manager sudah terinstall di laptop agan-agan, sekarang agan-agan lanjutkan dengan men-download IDE-nya, disarankan untuk menggunakan Eclipse. IDE Eclipse bisa di download di http://www.eclipse.org/downloads/, pilih Eclipse IDE for Java Developers.
7. Ekstrak IDE Eclipse dan tidak perlu di-install, karena IDE Eclipse ini bersifat executable dan portable.
8. Untuk menghubungkan antara SDK android dengan IDE Eclipse, dibutuhkan ADT (Android Development Tool) plug-in. ADT plug-in bisa di-download di http://developer.android.com/sdk/eclipse-adt.html, versi yang terbaru ialah versi 16. Ekstrak file ADT plugin pada sembarang folder.
9. Jalankan eclipse dan install ADT plugin, melalui Help > Install New Software > Klik tombol Add > Berikan nama dan masukkan direktori dimana file ADT plugin yang telah diekstrak tadi > Centang opsi Developer Tools > Next. Tunggu beberapa saat hingga ADT plugin berhasil ditambahkan di repositori lokal Eclipse.
 
10. Sekarang kita lanjut untuk mengambil daftar file SDK-SDK yang ada di SDK Manager agar ketika pertama kali Eclipse dijalankan, file SDK-SDK bisa langsung dimuat/load ke dalam Eclipse. Pilih Window > Prefrences > Klik Android > Pada SDK Location, klik Browse dan cari direktori instalasi file-file SDK > Klik Apply.Tunggu beberapa saat hingga semua daftar SDK muncul, klik OK.
 
11. Sekarang agan-agan sudah dapat mulai untuk membuat aplikasi android, dan jangan lupa untuk membuat emulatornya terlebih dahulu ketika akan mencobanya.
Oke!! Selamat mencoba gan, semoga sukses :)
Fasesa

Author :

Terimakasih atas kunjungannya brother yang baru saja membaca artikel berjudul Cara Install Emulator + SDK Android di OS Windows7 Secara Offline.
Share Artikel

Artikel Terkait

8 komentar

asik juga jika bisa memiliki android di pc, bis instal semua jenis aplikasi apk ya?
ada playstore nya juga gak nih?

Sebenarnya ini bukan android beneran gan. Ini kan cuma emulator android, namun bisa diinstall berbagai apk andoid.
Terima kasih atas kunjungannya :)

artikelnya keren (y) thank u gan, ini sangat bermanfaat :)

mau tanya, pas pilih di prefence kok tidak tersedia pilihan api eperti di gambar ?
padahal pada :SDK Location" sudah terdapat program sdk dan avd

Sya awam nih dngn android, Emulator android sdk ini bisa donk digunakan untuk presentasi didpan kelas..

Yang ane jelaskan di atas tersebut adalah install program untuk programming android.
maksud agan presentasi yang bagaimana? Bukankah presentasi di depan kelas umunya pake PPT? :D
Terima kasih atas kunjungannya :)

Di ane ada kok gan. Mungkin langkah-langkah agan masih ada yang salah/kelewat.
Silahkah dicoba lagi aja gan.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Saya selalu gagal untuk instalasi eclipse di windows 7 karena ketika dijalankan untuk membuat program androidnya itu ga bisa di run. kira-kira itu permasalahannya di apa ya?

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang baik !!